Jumat, 06 November 2015

Batik Giriloyo Asli Yogyakarta

Batik Giriloyo Asli Yogyakarta – Kota Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang memiliki beragam kerajinan tangan yang menarik didalamnya. Salah satu kerajinan tangan yang sudah berada sejak lama di daerah Yogyakarta adalah kerajinan batik. Salahsatu kerajinan batik Yogyakarta yang terkenal adalah Batik Giriloyo, batik giriloyo adalah batik yang diberi nama dari nama depan kampung di daerah sebelah selatan kota Yogyakarta, yang sudah sangat terkenal  sebagai sentra batik tulis asli Yogyakarta. Batik yang dibuat di daerah ini merupakan batik khas dari kraton Mataram.kerajinan batik didaerah ini memang sudah berabad-abad tahun yang lalu berada didaerah ini.


Pengrajin batik yang ada didaerah giriloyo dahulunya hanya sebagai pemasok bahan setengah jadi pada para juragan batik yang ada disekitar keraton Yogyakarta. Namun saat ini pengrajin batik daerah giriloyo sudah bisa membuat kain batik sendiri hingga mencapai tahap ahir yaitu hingga proses pewarnaan pada kain, baik itu menggunakan pewarna alam maupun menggunakan pewarna sintetis. Bagi anda para pecinta kain batik anda dapat berburu kain batik didaerah ini dengan sangat leluasa, karena daerah ini memiliki beragam pilihan motif batik tulis yang dapat anda temui, mulai dari motif batik yang klasik mengikuti pakem maupun motif batik kontenporer.

Selaun berbelanja kain batik didaerah giriloyo ini anda juga dapat belajar membuat kain batik yang sudah disediakan dalam paket wisata yang dapat menambah pengetahuan tentang sejarah batik giriloyo dan ketrampilan anda untuk membuat kain batik tulis khas dari giriloyo.  Paket wisata ini sangat cocok untuk mengisi hari libur anda bersama keluarga maupun untuk dijadikan sebagai tempat studi  banding. Daerah giriloyo ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang ingin berburu kain batik dan belajar membuat kain batik.sekian informasi mengenai batik giriliyo asli Yogyakarta yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar