Kamis, 05 November 2015

Sentra Kerajinan Gerabah Yogyakarta

Kerajinan gerabah Yogyakarta  – Apabila anda berlibur ke kawasan wisata yang ada didaerah Yogyakarta maka sempatkanlah untuk mengunjungi kawasan wisata yang ada di daerah kasongan, daerah ini merupakan sentra kerajinan gerabah yang ada didaerah Yogyakarta. Berada di kawasan daerah bantul tepatnya di Jalan Bantul kilometer 6,5 daerah ini memang sudah menjadi sebuah ikon daerah bantul Yogyakarta sebagai sentra kerajinan gerabah. Lokasi kerajinan gerabah Yogyakarta ini beralamat di Padukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan kasihan Bantul, Yogyakarta. Akses untuk menuju kawasan ini juga cukup mudah dijangkau, jika dari arah Yogyakarta anda cukup menyelusuri jalan bantul dan perhatikan gapura besar yang berada di kanan jalan yang ada tulisan KASONGAN, itu merupakan pintu masuk untuk memasuki daerah kerajinan gerabah kasongan. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk .mencapai daerah ini sekitar 30-40b menit dari pusat kota Yogyakarta.


Kerajinan gerabah merupakan suatu kerajinan yang berbahan baku dari tanah liat. Tanah liat yang dipakai untuk membuat kerajinan didaerah kasongan ini merupakan campuran tanah liat yang didapatkan dari daerah Kasongan, Sukabumi, dan Bayat. Pencampuran tanah liat ini dilakukan karena karakteristik tanah liat disetiap daerah itu berbeda-beda. Berdasarkan pengalaman dari para pengrajin gerabah campuran dari  ketiga tanah liat ini merupakan komposisi terbaik yang sudah sering digunakan. Sedangkan untuk teknik pembuatan kerajinan gerabah Yogyakarta ini ada bermacam-macam, Antara lain Teknik pilin, cetak, putar, dan slap.setelah proses pembentukan selesai biasanya aka nada penambahan ornament sebagai hiasan yang dapat mempercantik hasil karya yang dihasilkan, kemudian setelah proses pemberian hiasan selesai maka gerabah tersebut harus di angin-anginkan agar kadar air yang terdapat didalamnya menjadi minim. Proses selanjutnya adalah proses pembakaran, proses ini merupakan proses yang paling vital dalam pembuatan gerabah, secara garis besar proses ini memiliki dua teknik pembakaran, yaitu pembakaran ladang (pembakaran yang dilakukan menggunakan tungku tradisional) dan pembakaran menggunakan oven. Kedua teknik pembakaran ini memiliki perbedaan yaitu pada derajat panas yang dihasilkan. Teknik pembakaran lading biasanya digunakan untuk kerajinan gerabah biasa, sedangkan untuk membuat keramik dibutuhkan suhu tinggi sehingga menggunakan teknik pembakaran dengan oven.  Proses terahir dalam pembuatan gerabah ini adalah proses finishing, proses finishing pada kerajinan gerabah dilakukan dengan cara pengecatan atau untuk pembuatan keramik dapat juga dilakukan pengecatan dan dengan teknik glasir.

Berbagai benda yang dihasilkan dari daerah kasongan ini memiliki .kualitas yang sangat bagus, bahkan sudah banyak benda yang dihasilkan di sini yang sudah merambah sampai kepasaran internasional. Selain itu benda yang dihasilkan di kasongan ini juga sangat terkenal memiliki harga yang cukup terjangkau. Beragam msouvenir pengantin seperti patung boneka pengantin yang dapat digunakan sebagai tempat pena dan aneka souvenir lainya juga banyak disediakan di daerah kasongan. Harga kerajinan gerabah Yogyakarta yang ada didaerah kasongan ini juga cukup terjangkau, tergantung dari tingkat kesulitan pembuatanya dan juga besar kecilnya barang, harga gerabah di kasongan mulai dari 5ribu hingga jutaan rupiah. Sekian informasi mengenai sentra kerajinan gerabah yogyakarta yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar