Kamis, 05 November 2015

Pusat Kerajinan Kulit Yogyakarta

Kerajinan Kulit Yogyakarta – Kota Yogyakarta memiliki sebuah tempat yang cukup terkenal sebagai sentra kerajinan kulit, tempat ini biasa disapa dengan nama desa wisata Manding. Desa wisata Manding terletak di jalan Parangtritis km 11 atau sekitar 14 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, sesampainya didesa wisata ini anda akan disambut dengan gapura besar yang bertuliskan Sentra Industri Kerajinan Kulit MANDING. Sebagian besar penduduk desa wisata Manding ini adalah para pengrajin kerajinan kulit yang biasa menggunakan kulit kambing atau kulit sapi sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan yang mereka hasilkan. Sepanjang jalan yang ada di desa wisata Manding terdapat begitu banyak kios atau toko yang menjual berbagai macam hasil kerajinan yang terbuat dari bahan kulit, hal ini disebabkan karena disepanjang jalan yang ada di daerah desa wisata Manding ini rata-rata rumah penduduk banyak yang dijadikan sebagai toko untuk menjual hasil kerajinan kulit yang mereka buat. Warga di desa Manding ini juga sudah secara turun temurun mengolah kerajinan kulit Yogyakarta sejak tahun 1947 hingga sekarang, saat ini sudah terdapat 100an pengrajin kulit yang yang tinggal di desa wisata Manding.


Hasil kerajinan kulit yang ditawarkan di daerah ini biasanya berupa Tas, Sepatu, Jaket, sandal, Dompet, Tali pinggang, Asesoris dan masih banyak lagi, sebagian besar barang-barang yang terbuat dari bahan kulit disini dibuat oleh tangan para pengrajin yang tinggal  didaerah desa wisata manding.  Didaerah desa wisata ini anda juga dapat memesan kerajinan kulit Yogyakarta seperti tas, jaket, sandal dan sebagainya sesuai dengan keinginan anda. Produk hasil kerajinan kulit yang diproduksi didaerah desa wisata manding ini juga memiliki kualitas yang sangat bagus, bahkan banyak produk hasil kerajinan kilit dari desa manding ini yang sudah di ekspor hingga ke luar negeri. Desa wisata manding ini oleh kebanyakan masyarakat Yogyakarta biasanya dijadikan salah satu tempat untuk mencari sepatu kerja yang biasanya terbuat menggunakan bahan kulit nseperti sepatu pantopel
Harga barang-barang yang dihasilkan di Desa Wisata manding ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari harga yang Rp10000 hingga harga yang mencapai ratusan ribu lebih ada di desa wisata manding, tergantung dengan barang apa yang akan anda beli. sebagai bahan pertimbangan anda untuk harga barang seperti .jaket kulit di desa manding ini harganya bisa sekitar 750ribu sampai dengan harga 850ribu perbuahnya, namun harga yang saya berikan tersebut hanya bisa dijadikan perkiraan saja karena harga barang yang dijual suatu saat masih bisa berubah. Sekian informasi mengenai pusat kerajinan kulit yogyakarta yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar