Jumat, 06 November 2015

Beragam Kerajinan Dari Yogyakarta

Kerajinan Yogyakarta – Yogyakarta merupakan kota yang memiliki beragam wisata yang dapat membuat anda tak pernah bosan untuk mengunjunginya, mulai dari wisata alamnya yang mindah dan juga deretan wisata pantai yang indah di daerah selatan koota yogyakarta dan masih ada berbagai tempat wisata lainya seperti wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, dan juga tempat wisata kerajinan tangan yang sudah sangat popular didaerah Yogyakarta. Yogyakarta memiliki beberapa tempat yang digunakan oleh para penduduknya sebagai sentra kerajinan sebagai icon daerah tersebut. Diantara berbagai kerajinan yang ada di Yogyakarta ini adalah kerajinan Perak dari Kota Gede, Kerajinan Gerabah dari Kasongan, Kerajinan Kulit dari Manding dan masih banyak lagi lokasi sentra kerajinan yang ada di Yogyakarta. Berbagai kerajinan yang ada di Yogyakarta ini rata-rata memiliki kualitas yang cukup bagus bahkan tak jarang berbagai kerajinan dari Yogyakarta yang mampu menembus hingga ke pasaran internasional dan juga mampu bersaing dengan produk buatan dari luar negri.


Kerajinan gerabah merupakan salah satu kerajinan yang sudah sangat popular di daerah Yogyakarta, kerajian gerabah ini berpusat di daerah kasongan Yogyakarta. Daerah ini merupakan sentra penghasil kerajjiann gerabah yang terbesar yang ada di kawasan Yogyakarta. Alamat daerah ini tepatnya ada di jalan bantul km 6.5 padukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan kasian Bantul, Yogyakarta. Kerajinan gerabah merupakan sebuah kerajinan yang terbuat dari bahan baku tanahliat. Tanahliat yang digunakan di daerah ini berasal dari tiga tempat yang berbeda yaitu dari daerah Sukabumi, Bayat, dan daerah Kasongan itu sendiri. Menurut pengalaman para ahli pembuat gerabah campuran tananh dari ketiga daerah tersebut merupakan komposisi terbaik yang sering digunakan oleh para pengrajin gerabah di kasongan saat ini. Untuk membuat sebuah kerajinan gerabah ada beberapa teknik yang sering digunakan oleh para pengrajin, diantaranya adalah Teknik Putar, slap, Pilin, dan cetak beberapa teknik tersebut yang digunakan untuk membuat bentuk kerajinan yang di iniginkan, setelah bentuk selesai dibuat langkah selanjutnya adalah pemberian hiasan untuk mempercantik karya yang akan dibuat, setelah semuanya selesai maka tinggal di angin-anginkan agar kadar air dalam tanah liat menjadi minim, setelah kadar air sudah menjadi minim maka langkah selanjutnya adalah proses pembakaran proses ini merupakan proses paling vital dalam pembuatan gerabah, setelah proses pembakaran selesai maka gerabah tiinggal di finising agar lebih cantik. Berbagai benda yang dibuat di daerah kasongan ini sangatlah beragam seperti pembuatan patung, souvenir, guci, dan masih banyak lagi berbagai benda dari tanah liat yang sangat menarik.

Kerajianan lain yang ada di daerah Yogyakarta adalah kerajinan perak dari Kota gede. Daerah kota gede merupakan penghasil kerajinan perak terbesar yang ada di Yogyakarta, Kota Gede adalah suatu tempat yang terkenal dengan kerajinan perak didaerah Yogyakarta.beragam pernak pernik kerajinan yang terbuat dari bahan perak sangat banyak diproduksi di daerah kota gede. Kota gede ini terletak di bagian tenggara Yogyakarta, di daerah ini banyak dihuni oleh orng-orang yang bermata pencaharian sebagai pengrajin perak. Pada salah satu jalan yang mempunyai nama “Jalan Kemasan” didaerah kota gede sangat ramai dipadati dengan kios atau outlet yang menjual barang barang kerajinan yang terbuat dari bahan perak. Lokasi jalan kemasan yang terdapat didaerah Kota Gede Yogyakarta ini memliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun di sepanjang kiri kanan jalan kemasan sudah sangat banyak dipadati dengan para pedagang yang menjual kerajinan perak, bahkan ada juga pengrajin perak yang membuka tempat kerajinan perak di sekitar jalan kemasan. Daerah jalan kemasan ini setiap harinya sangat ramai dipadati oleh para pengunjung yang gemar berburu kerajinan perak, terlebih lagi apabila saat musim liburan telah tiba, daerah ini akan sangat ramai dibanjiri oleh para pemburu kerajinan perak yang berasal dari berbagai kota untuk mencari pernak pernik kerajinan perak didaerah ini.
Kerajinan perak yang mempunyai beragam pilihan memang sangat diminati oleh banyak orang, hal ini disebabkan karena kerajinan yang berasal dari perak ini memiliki bentuk-bentuk yang unik sehingga dapat menarik minat konsumen untuk memilikinya. Bergam pilihan hasil kerajinan perak yang terdapat di daerah kota gede ini memiliki beberapa jenis pilihan yang diantaranya adalah jenis perhiasan, dan jenis miniature. Kebanyakan orang yang sering berkunjung ke daerah ini biasanya ingin mencari perhiasan dari perak sebagai pengganti untuk perhiasan yang terbuat dari emas, namun banyak juga orang yang kesini untuk mencari miniature benda-benda yang terbuat dari perak sebagai koleksi atau untuk hiasan rumah. Beberapa benda yang banyak dijual disepanjang jalan kemasan daerah kota gede ini antara lain adalah cincin emban, cincin pasangan, kalung, gelang, bros, miniature candi, patung, miniature beach, miniature sepeda, miniature andong, dan masih banyak lagi kerajinan perak yang dijual didaerah ini.
Berbagai barang yang dijual di kios atau outlet yang berada di daerah kota gede ini kebanyakan berasal dari para pengrajin perak yang berada di sekitar kota gede ini juga, karena kebanyakan pengrajin perak yang berada di Kota Gede ini menjual hasil karyanya di kios yang ada disekitar kota gede, banyak juga para pengrajin perak yang juga memiliki kios sendiri di kawasan jalan kemasan ini sebagai tempat khusus yang menjajakan hasil kerajinan produksi mereka sendiri. Selain menjual hasil kerajinan perak ke daerah di sekitar kota gede, ada juga pengrajin perak yang sudah memasarkan hasil kerajinanya ke kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Bali an juga beberapa kota besar yang lainya, bahkan ada juga hasil kerajinan perak dari kota gede ini yang sudah merambah ke pasaran ekspor ke beberapa Negara luar. Kualitas perak yang dijual di sekitar kota gede ini juga terbilang sudah sangat bagus, karena perak yang dijual di kawasan kota gede ini berkarat 925, untuk itu mengenai kualitas perak di daerah ini tidak perlu diragukan lagi.


Daerah Yogyakarta juga sangat terkenal dengan kerajinan kulit yang terdapat di daerah desa wisata Manding. Berbagai macam benda hasil kerajinan kulit yang biasa ditawarkan di desa wisata manding antaralain berupa Tas, sepatu, dompet, jaket, asesoris, ikat pinggang dan masih banyak lagi, hampir seluruh hasil kerajinan yang dijual diberbagai toko yang ada didesa mandingini merupakan hasil karya yang dibuat oleh para pengrajin dari warga desa manding sendiri. Apabila anda datang ke desa manding di yogyakarta selain anda dapat memilih berbagai macam hasil kerajinan kulit yang dijual ditoko yang ada didesa ini, anda juga dapat memesan kerajinan kulit sesuai dengan model yang anda inginkan, seperti memesan untuk membuat tas, sendal, sepatu, jaket, dan lainya yang membutuhkan model dan ukuran tersendiri untuk anda. Kualitas produk yang dihasilkan di desa manding ini juga sudah sangat bagus kualitasnya, bahkan sudah banyak hasil kerajinan kulit yang dibuat didesa manding ini di expor hingga ke berbagai negara luar dan mampu bersaing dengan kualitas yang ada di pasaran luar negri.
Kebanyakan masyarakat Yogyakarta biasanya menjadikan desa manding ini sebagai tempat untuk berburu sepatu kerja, karena kebanyakan sepatu kerja seperti sepatu pantopel terbuat dari bahan kulit sebagai bahan baku penmbuatanya. Harga barang yang disediakan didesa wisata manding ini juga cukup terjangkau karena harga yang ditawarkan didaerah ini mulai dari Rp10000 hingga ratusan ribu lebih ada di daerah ini, semua itu tergantung pada benda apa yang akan dibeli. Sebagai bahan pertimbangan untuk membeli sebuah jaket kulit didesa manding saat ini harganya berkisar dari 750000 hingga 850000 perbuahnya, namun iiformasi harga yang saya sampaikan tersebut bukanlah harga pasti dan hanya bisa dijadikan untuk perkiraan saja, karena harga barang yang dijual suatu saat masih bisa berubah menyesuaikan ,keadaan. Sekian informasi mengenai beragam kerajinan dari Yogyakarta yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar